PlayStation2 (PS 2)
Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang
Dengan menggunakan OS dari Linux, PS2 menghasilkan grafik dan suara yang lebih baik dari PS1. Pada PS2 juga memulai menggunakan CD dalam format DVD.
Spesifikasi teknis dari konsol PlayStation 2 adalah sebagai berikut.
· CPU: 64-bit"Emotion Engine" di-clock pada 294.912 MHz (299 MHz pada versi yang lebih barunya), dengan 10.5 juta transistor
· Memori: 32 MB direct rambus atau RDRAM (komputer desktop tertentu juga dapat menggunakan memori jenis ini).
· Bandwidth memori: 3,2 GB per detik.
· Prosesor utama: Inti CPU berarsitektur MIPS R5900, 64-bit.
· Prosesor pembantu: FPU (1 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider).
· Unit vektor: VU0 dan VU1 (9 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider), 128-bit.
· Daya floating point: 6,2 GFLOPS (floating point 32-bit berpresisi tunggal).
· Transformasi geometrik CG 3D: 66 juta poligon per detik (1).
· Dekoder gambar mampat: MPEG-2.
· Interkoneksi prosesor I/O: Hubungan dengan remote melalui sambungan serial, pengontrol DMA untuk memindahkan bulk.
· Cache memori: perintah 16 KB, data 8 KB+16 KB (ScrP).
· Grafik: penyelaras grafik berkecepatan 147 MHz.
· Bandwidth bus DRAM: 47 GB per detik.
· Lebar bus DRAM: 2.560-bit (gabungan tiga bus mandiri: 1.024-bit untuk menulis, 1.024-bit untuk membaca, 512-bit untuk baca/tulis).
· Pengaturan piksel: Buffer RGB:Alpha:Z (24:8, 15:1 untuk RGB, Z buffer 16, 24, atau 32-bit).
· Jumlah poligon maksimal: 75 juta poligon per detik (1).
· Hubungan langsung ke: CPU utama dan VU1.
· Suara: SPU1 dan SPU2 (SPU1 sama saja dengan CPU).
· Banyak suara: Perangkat keras ADPCM 48 kanal pada SPU2 ditambah kanal perangkat lunak.
· Batasan frekuensi: 44,1 kHz atau 48 kHz (dapat dipilih).
· Prosesor I/O.
· Inti CPU: CPU asli PlayStation (MIPS R3000A berkecepatan 33,8688 MHz atau 37,5 MHz).
· Bus terpisah: 32-Bit.
· Bagian luar: 2 sambungan alat kontrol permainan video PlayStation (berkecepatan 250KHz untuk PS1 dan 500KHz untuk PS2), 2 slot kartu memori yang menggunakan sistem enkripsi MagicGate (250KHz untuk kartu PS1, mencapai 1-2MHz untuk kartu PS2), dudukan kandar (DEV9 atau PCMCIA pada konsol versi awal), dudukan untuk adaptor jaringan, modem dan kandar harddisk, 2 FireWire (IEEE 1394), 2 sambungan remote control infra merah, dan 2 sambungan USB 1.1 dengan pengontrol yang sesuai dengan OHCI.
· Media: DVD-ROM (juga kompatibel dengan CD-ROM) dengan proteksi hak cipta, berkapasitas 4,7-8,5 GB.
Menurut Pendapat Penulis:
· Grafik menyerupai hasil gambar dari kamera asli
· Mampu melakukan interaksi dengan pengguna PS2 lain, karena terdapat fitur online dengan penambahan perangkat modem
· Masih belum mengahsilkan bentuk yang sempurna pada game winning eleven
· Flexibilitas permainan mulai terasa
PlayStation 3 (PS3)
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri pleh SONY yang bekerjasama dengan NVidia.
Spesifikasi PS3 :
CPU
Cell Processor
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 Cache
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
* 1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS
GPU
RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point shader pipelines
SOUND
Dolby 5.1ch, DTS, LPCM, etc.(Cell base processing)
MEMORY
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz
SYSTEM BANDWITH
Main RAM 25.6GB/s
VRAM 22.4GB/s
RSX 20GB/s (write) 15GB/s (read)
SB<2.5GB/s (write) 2.5GB/s (read)
SYSTEM FLOATING POINT PERFORMANCE
2 TFLOPS
STORAGE
Detachable 2.5”HDD slot x 1
I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x 1
COMMUNICATON
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)
AV OUTPUT
Screen size: 480i, 480p, 720p,1080i,1080p
HDMI: HDMI out x 2
Analog: AV MULTI OUT x 1
Digital Audio: DIGITAL OUT (OPTICAL) x 1
DISC MEDIA
CD PlayStation CD-ROM, PlayStation 2 CD-ROM, CD-DA, CD-DA (ROM), CD-R, CD-RW, SACD, SACD Hybrid (CD layer), SACD HD, Dual Disc, Dual Disc (audio side), DualDisc (DVD side)
DVD: PlayStation 2 DVD-ROM, PlayDtation 3 DVD-ROM, DVD Video, DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW, DVD R, DVD RW
Blu-Ray Disc: PlayStation 3 BD-ROM, BD-Video, BD-ROM, BD-R, BD-RE
Cell Processor
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 Cache
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
* 1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS
GPU
RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point shader pipelines
SOUND
Dolby 5.1ch, DTS, LPCM, etc.(Cell base processing)
MEMORY
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz
SYSTEM BANDWITH
Main RAM 25.6GB/s
VRAM 22.4GB/s
RSX 20GB/s (write) 15GB/s (read)
SB<2.5GB/s (write) 2.5GB/s (read)
SYSTEM FLOATING POINT PERFORMANCE
2 TFLOPS
STORAGE
Detachable 2.5”HDD slot x 1
I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x 1
COMMUNICATON
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)
AV OUTPUT
Screen size: 480i, 480p, 720p,1080i,1080p
HDMI: HDMI out x 2
Analog: AV MULTI OUT x 1
Digital Audio: DIGITAL OUT (OPTICAL) x 1
DISC MEDIA
CD PlayStation CD-ROM, PlayStation 2 CD-ROM, CD-DA, CD-DA (ROM), CD-R, CD-RW, SACD, SACD Hybrid (CD layer), SACD HD, Dual Disc, Dual Disc (audio side), DualDisc (DVD side)
DVD: PlayStation 2 DVD-ROM, PlayDtation 3 DVD-ROM, DVD Video, DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW, DVD R, DVD RW
Blu-Ray Disc: PlayStation 3 BD-ROM, BD-Video, BD-ROM, BD-R, BD-RE
Sistem operasi
PlayStation 3 menggunakan Cross Media Bar, atau disingkat XMB. Cross Media Bar adalah sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX (PlayStation 2 ditambah fitur ekstra seperti merekam acara televisi, bukan PlayStation, hanya dirilis di Jepang), PlayStation Portable, dan semua televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia)
Pada Cross Media Bar versi PlayStation 3, ada 8 kategori menu, yaitu:
· Users (Pengguna)
· Settings (Pengaturan)
· Photo (Foto)
· Music (Musik
· Video (Video)
· Game (permainan)
· Network (Jaringan)
· Friends (Teman)
XMB PlayStation 3 dapat memainkan beberapa format file musik, foto, dan video.
Permainan PlayStation dan PlayStation 2 masih dibatasi per region (contoh: permainan Jepang tidak dapat digunakan di PlayStation 2 Amerika), tetapi, permainan PlayStation 3 tidak dibatasi.
PlayStation 3 dengan resolusi 1080p (High Definition) dengan menggunakan sistem jaringan nirkabel
Menurut Pendapat Penulis :
· Grafik yang memukau ditampilkan oleh PS 3
· Reformasi berbagai macam fitur baru dan menarik pun tersedia
· Penikmat Game Winning Eleven seprti dimanjakan dengan gerakan-gerakan pemain di game yang menyerupai asli
· Tingkat kesulitan cukup
· Penggunaan kaset berkurang dan mengedepankan penggunaan Harddisk Eksternal
· Controller yang disajikan bervariasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar