Jumat, 19 Juni 2020

Tulisan untuk pertemuan softkill ketiga


1. Covid-19 : membangun kembali semangat toleransi manusia Indonesia
Selain itu, pentingnya media komunikasi dan partisipasi publik secara berjenjang baik dari tingkat RT (Rukun Tetangga), desa, kelurahan, kecamatan, pemerintah daerah hingga pusat pun barangkali dapat mencari langkah-langkah strategis sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan toleransi kemanusiaan ini. Dengan melakukan model komunikasi dan partisipasi publik ini tentunya juga dapat memantik budaya partisipan dari masyarakat dengan mengumpulkan segala bentuk aspirasi, pendapat, dan kendala yang dihadapi di masyarakat guna mewujudkan regulasi yang bersifat demokratis baik dalam menghadapi COVID-19 ini maupun kedepannya sebagaimana bentuk partisipasi publik ini juga diatur di dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah beserta peraturan pelaksananya yakni Peraturan Pemerintah Nomor 45 tahun 2017 tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

2. Membangun ketahanan nasional pasca covid-29
Dampak dari wabah ini telah merusak berbagai tatanan mulai dari sosial, kesehatan, dan ekonomi sebagian besar negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia.
Selain isu kesehatan, pangan menjadi salah satu persoalan utama. Tidak hanya ketika wabah Corona , tetapi juga penting diantisipasi adalah kelangsungan perekonomian suatu negara setelah pandemi itu berakhir.
Seluruh negara berlomba mengamankan ketahanan pangan agar mampu menghadapi masa krisis yang diperkirakan masih akan panjang
Untuk mencegah semakin meluasnya wabah, sejumlah negara menerapkan lockdown atau pun karantina beberapa wilayah. Opsi ini mengharuskan ketersediaan pangan dalam jumlah besar di setiap negara, yang ujungnya dapat mengganggu pasokan pangan global.Banyak negara produsen bahan pangan langsung membatasi atau bahkan menutup pasar ekspor komoditi tertentu untuk memastikan agar stok dalam negerinya tercukupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas tulisan periode kedua

1.Mengapa lockdown dalam kasus covid-19 diyakini tidak akan berhasil di lakukan di nkri 1. Aspek sosial budaya Pada aspek sosial budaya ...